Cuaca Mulai Panas, Sumsel Masuk Pancaroba Akhir Mei Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Palembang, AkselNews.com – Cuaca di Sumatera Selatan terasa terik dalam beberapa hari terakhir saat siang hari. Tapi, meski demikian, beberapa wilayah juga masih diguyur hujan pada malam harinya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel, menyebut, iklim di daerah tropis Samudera India menunjukan masih adanya potensi uap air yang cukup banyak masuk wilayah Indonesia hingga bulan Juni 2022, sehingga diperkirakan peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau, (Pancaroba), masih berlangsung hingga akhir Mei 2022.

Dikatakan Kepala Unit Analisa Dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Sinta Andayani, akhir Mei menjadi awal musim kemarau. Diprakirakan Juni nanti secara umum wilayah Sumsel telah memasuki awal musim kemarau seluruhnya.

Prakiraan awal, musim kemarau di Wilayah Sumsel sebagian wilayah ada pada Mei dasarian 2 hingga Juni dasarian 1.

“Sehingga saat ini masih memasuki musim pancaroba, secara umum wilayah Sumsel akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan didominasi hujan lokal pula,” katanya.

“Di musim peralihan ini tetap mewaspadai potensi angin kencang yang bisa terjadi pada saat hujan dengan menghindari bangunan atau pohon/tanaman yg rentan angin kencang. Serta terus mengupdate informasi cuaca BMKG melalui kanal resmi BMKG,” katanya. (yud)

Share.

About Author

Redaksi Situs Berita AkselNews.com.

Leave A Reply