Kamis, Februari 22

KOMPAK, Pemkab Banyuasin Bareng Perusahaan Bakal Bersih-bersih Sungai

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Banyuasin, AkselNews.com – Guna menekan resiko banjir dan tanah longsor, Pemkab Banyuasin bersama sejumlah perusahaan, kompak turun ke Sungai Boom Berlian-Sungai Ibul, lakukan aksi bersih-bersih.

Pemkab Banyuasin sengaja mengandeng sejumlah perusahaan untuk memberikan ruang atau kesempatan untuk membantu warga, sehingga dapat meminimalisir banjir dan tanah longsor.

Pemkab Banyuasin dan sejumlah peusahaan ini bersama-sama membersihkan alur sungai yang tertutup oleh semak belukar. Selain itu, juga dilakukan pengerukan lumpur tanah di beberapa titik yang mengakibatkan pendangkalan sungai.

Baca Juga:   Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Blusukan ke Kota Palembang

“Kami berharap, dengan adanya kerjasama dan sinergi dengan pihak perusahaan, upaya ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam hal penanggulangan bencana alam yang merugikan,” kata Penjabat Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam, SH.

Ia menjelaskan, normalisasi sungai dilakukan dengan menggunakan drone untuk memotret aliran Sungai dari Bom Berlian sampai Sungai lbul menuju Sungai Banyuasin sepanjang 22 KM. Hasil foto udara tersebut menunjukkan adanya pendangkalan sungai dari Bom Berlian sampai Desa Sri Bandung dan Desa Sedang.

Baca Juga:   Kapolres Banyuasin Katakan Ini Pada Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan

“Kami berharap, dengan normalisasi sungai ini, aliran sungai dapat lancar dan debit air dapat meningkat. Hal ini akan berdampak positif bagi pertanian, perikanan, dan pariwisata di Kabupaten Banyuasin,” ucapnya saat Ngopi Sore dan Diskusi Bareng dengan Investor Perusahaan Perkebunan di Kab. Banyuasin pada Senin kemarin selasa (6/2/2024).

Sementara itu, Siregar, perwakilan dari PT. MAR, salah satu perusahaan yang diundang dalam diskusi tersebut, mengapresiasi langkah Pemkab Banyuasin dalam melakukan normalisasi sungai. Ia mengatakan, pihaknya akan mendukung upaya tersebut dengan menyampaikan hasil diskusi kepada manajemen perusahaan.

Baca Juga:   Bupati Banyuasin Lantik 9 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

“Kami siap berkolaborasi dengan Pemkab Banyuasin dalam hal normalisasi sungai. Saat ini pun kami juga sedang ada kegiatan pengerukan lumpur tanah yang ada di beberapa titik,” tuturnya. (Arie id)

Share.

About Author

Redaksi Situs Berita AkselNews.com.

Leave A Reply