Selasa, Maret 5

Pengurus Nasional Karang Taruna Masa Bhakti 2020-2025 Dikukuhkan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Jakarta, Akselnews – Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) resmi dikukuhkan oleh Menteri Sosial Tri Risma Maharani berdasarkan SK Mensos RI Nomor 09/HUK/2021 tanggal 1 Maret 2021, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Aneka Bhakti Kemensos RI, Jakarta. Selasa (02/03,/2021).

Menteri Sosial didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto mengukuhkan Pengurus Nasional Karang Taruna dan Majelis Pertimbangan Nasional Karang Taruna masa Bhakti 2020-2025.

Kepengurusan tersebut, terbentuk dari hasil Temu Karya Nasional Karang Taruna VIII Tahun 2020. Risma mengatakan pelantikan dilakukan pada tahun 2021, sebab terdapat adanya pergantian jabatan dengan menteri sebelumnya.

Dalam sambutannya Risma melihat pergerakan Karang Taruna dibeberapa kabupaten di Indonesia yang menghadapi bencana, telah aktif membantu dan bergerak bersama dengan anggota Tagana (Taruna Siaga Bencana).

Baca Juga:   Pengukuhan Wali Daerah Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera di Lahat, Ini Pesan Gubernur Sumsel

“Saya menyampaikan Karang Taruna untuk menjadi motor terutama menghadapi pandemi ini sambil melakukan kerja-kerja sosial yang mungkin bisa digerakkan, misalkan bencana,” ujar Risma di Gedung Aneka Bhakti Kemensos RI Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Kemudian di beberapa daerah lainnya, anggota Karang Taruna juga dinilai berinisiatif membantu didirikannya dapur umum untuk korban terdampak musibah.

“Karena itu saya pikir ini bisa juga daerah-daerah lain yang Karang Tarunanya belum aktif, jadi bisa diaktifkan sehingga penggunaannya akan lebih maksimal,” ujar Risma.

Wahyu Sanjaya Wakil Ketua PNKT mengucapkan puji syukur atas pengukuhan Pengurus Nasional karang Taruna ini. Dengan Demikian para pengurus segera melalukan konsolidasi untuk bersinergi dengan pemerintah hingga level daerah.

“Alhamdulillah, hari ini kami sudah selesai pengukuhan Pengurus Nasional Karang Taruna, prioritas kami ke depan adalah selesai melaksanakan konsolidasi tingkat provinsi dan kab/kota,” ujar Wahyu.

Baca Juga:   Begini Suasana Apel Perdana Usai Libur Lebaran di Pemkab Batu Bara

Menurut Wahyu, sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Karang Taruna yang baru, maka Temu Karya Daerah (TKD) harus mendapat persetujuan Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) dan setelah selesai Temu Karya Daerah (TKD) maka SK Pengurus Karang Taruna dikeluarkan oleh jajaran pengurus Karang Taruna setingkat diatasnya.

Ditambahkan Wahyu Bahwa pengukuhan ini juga dihadiri Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT), Gibran Rakabumi beserta Waki dan sekretaris ll MPKT Rafsel Ali dan Fandi Utomo.

“Alhamdulillah, hari ini Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) juga berkesempatan hadir secara virtual dan ini memberikan semangat baru baru seluruh pengurus Karang Taruna dari Pusat sampai ke Desa,” ujar Anggota DPR-RI dari Sumsel ini.

Baca Juga:   Pemkot Pangkalpinang All Out Dukung Toleransi Antar Ummat Beragama

Dalam kesempatan yang sama, Ketum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto mengucapkan apresiasi atas kehadiran Mensos Risma yang mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna Tingkat Nasional. Menurutnya pengukuhan ini akan menguatkan dan meningkatkan karya bakti Karang Taruna ke masyarakat.

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa pengukuhan ini menjadi salah satu bagian penting perjalanan Karang Taruna ke depan. Pengukuhan hari ini akan semakin menguatkan Karang Taruna dan kami semuanya untuk meningkatkan karya bakti dan pengabdian kami,” ungkapnya. (Udi)

Adapun Pengurus Nasional Karang Taruna
Ketua Umum PNKT : Didiek Mukrianto
Wakil Ketua : Budi Setiawan
Wakil Ketua : Wahyu Sanjaya
Sekjend : Deden Sirajudin

Share.

About Author

Redaksi Situs Berita AkselNews.com.

Leave A Reply