Kamis, Februari 22

Pengurus Taman Tahsin dan Tahfizh Qur’an Al Qolam  2024 di Muba Dikukuhkan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Sekayu, AkselNews.com – Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud, membuka pembelajaran taman Tahsin dan Tahfizh Qur’an Al Qolam (TTQ).

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya dari Pemkab Muba lewat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba, dalam mencetak generasi unggul dan bermartabat islami.

Pada kegiatan yang dibuka di Pendopoan Griya Bumi serasan Sekaten, Senin (29/01/2024). Turut memeriahkan acara, Bunda literasi Muba Hj Asna Aini Apriyadi, Kakan Kemenag Muba H Muhammad makki S.Ag M.Pdi., Ketua Baznas Muba Wardata SPd, para perangkat daerah, para Ustadz dan ustadzah, para santriwan dan santriwati.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud mengatakan bahwa program kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba, sebuah upaya menyeluruh dengan melibatkan semua masyarakat termasuk anak-anak untuk menjadikan perpustakaan tempat belajar, serta meningkatkan keterampilan dalam membaca al qur’an dan pengetahuan yang dapat dikuasai secara lebih baik.

Baca Juga:   Petani Sawit Musi Banyuasin!. Kebun Plasma Kelapa Sawit Pertama di Indonesia Segera di Launching

“Saya apresiasi sekali dengan program yang di inisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba. Ini inisiasi yang sangat luar biasa sekali manfaatnya, karena sebagai bagian dalam penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) atau generasi islami dan bermartabat di kabupaten Muba,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya tugas Bunda Literasi Kabupaten Muba adalah memotivasi berbagai elemen masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk gemar membaca, mengkampanyekan dan mensosialisasikan gerakan Muba gemar membaca, yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi melalui kegiatan seperti ini kita berharap dapat memberikan semangat kepada anak-anak kita untuk ikut serta menjaga dan mendakwahkan Al-Qur’an melalui hapalan maupun memperbaiki bacaan mereka. Sehingga kelak akan lahir generasi qur’ani yang memiliki karakter akhlak muttaqin yang selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an dan hadist,” tandasnya.

Baca Juga:   Ukir Sejarah, Dividen Capai Rp3 Miliar, Petro Muba Diharapkan Garap Pabrik Minyak Goreng di Musi Banyuasin

Sementara, Kepala perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Muba Sunaryo SSTP MM menjelaskan bahwa taman Tahsin dan Tahfizh Qur’an Al Qolam (TTQ) pada tahun 2023 dengan jumlah ustadz 1 orang, ustadzah 1 orang, Santriwan 28 orang, santriwati 13 orang.

Sistem pembelajaran taman Tahsin dan Tahfizh Qur’an Al Qolam (TTQ) tahun 2024 dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Muba terdiri dari 2 halaqoh diantaranya putra halaqoh 1 Pukul 16.00 WIB S/d 17 WIB (102 orang). Halaqoh 2: Pukul 17.00 WIB S/d Ba’da Magrib (63 orang).

Baca Juga:   Bantu Atasi Kendala Budidaya Ikan, Tim Pengabdian Studi Pengairan UNSRI Berikan Pendampingan

“Alhamdulillah pada tahun 2024 taman Tahsin dan Tahfizh Qur’an Al Qolam (TTQ) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba berkembang pesat dengan jumlah, diantaranya pembina 2 orang Yusrizal Daud Spdi., MSi dari pondok pesantren Qodratullah Langkan jurusan bidang khusus Qorik, dan  H.A Nizar STh.I dari Ponpes Tarbiyah Islamiyah simpang candung Bukittinggi Sumatera Barat,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud juga secara resmi mengukuhkan pembina dan pengurus taman Tahsin dan Tahfizh Qur’an Al Qolam (TTQ), serta menerima sertifikat arah kiblat dari kementerian agama Kabupaten Muba, dan memberikan bonus uang tunai sebesar Rp 5 juta kepada Syahira Qoriah salah satu peserta MTQ Provinsi perwakilan kabupaten Muba. (Rizal)

Share.

About Author

Redaksi Situs Berita AkselNews.com.

Leave A Reply