Senin, Februari 26

PPKM, Tak Ada Pilihan Resepsi Pernikahan Dilarang

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Palembang, Akselnews.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro, Kota Palembang masuk ke level 3, kerumunan tidak diperbolehkan.

Termasuk resepsi pernikahan yang akan melibatkan ratusan undangan, dan keluarga mempelai wanita dan pria, sudah pasti tidak diperbolehkan atau dilarang. Itu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Dikatakan Walikota Palembang Harnojoyo, resepsi pernikahan akan menyebabkan kerumunan orang, bahkan bisa mencapai ratusan orang.

Baca Juga:   Kembangkan Inovasi Berbasis Web, Diskominfo Palembang Maksimalkan SIDEMANG Dalam Pelayanan Masyarakat

“Untuk resepsi pernikahan belum boleh, bolehnya tasyakuran maksimal 30 orang,” katanya, Jumat (23/7/2021).

Kegiatan resepsi pernikahan ditiadakan sementara sampai situasi mulai terkendali. Sementara untuk kegiatan hajatan kemasyarakatan paling banyak 25 persen  dari kapasitas dan tidak ada hidangan makanan di tempat.

“Masih sama seperti surat edaran yang telah disampaikan, ini juga sesuai dengan instruksi Mendagri yang telah dikirimkan ke kami,” katanya.

Baca Juga:   Herman Deru Satu-Satunya Gubernur Penerima Penghargaan Pin Emas Kapolri

Ini dikarenakan, Covid-19 paling cepat menular pada kondisi tertutup, pertemuan-pertemuan panjang (lebih dari 15 menit), interaksi jarak dekat, keramaian, aktivitas dengan bernapas kuat misalnya bernyanyi, berbicara dan tertawa dan tidak memakai masker seperti pada saat makan bersama.

Kemudian, penggunaan masker dengan benar dan konsisten adalah protokol kesehatan paling minimal yang harus diterapkan setiap orang, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer secara berulang terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain (seperti gagang pintu atau pegangan tangga), menyentuh daerah wajah dengan tangan perlu dihindari.

Baca Juga:   Puluhan Ribu Vaksin yang Baru Diterima Dikebut, Ini Alasannya

“Semua masyarakat kami imbau untuk selalu taat protokol kesehatan. Jangan berkerumun karena akan berpotensi adanya penularan Covid-19,” katanya. (**)

Share.

About Author

Redaksi Situs Berita AkselNews.com.

Leave A Reply