Sirkuit Motocross Bakal Dibangun IMI Sumsel di Jakabaring

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Palembang, AkselNews.com – Ikatan Motor Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (IMI Sumsel) berencana membangun sirkuit motocross  mengunakan lahan di Kawasan Jakabaring.

“Lahan yang masih kosong itu ada sekitar 100 hektar.  Insya Allah,  nanti kita buat untuk Grass Track atau Motocross,” kata Ketua Umum (Ketum) IMI Provinsi Sumsel Alpian Maskoni, SH.

Untuk membangun sirkuit motocross permanen, kata Alpian, dibutuhkan dana sekitar Rp10 miliar. Untuk dananya bisa meminta bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang beroperasi di Sumsel. Antaralain, PT Bukit Asam (PTBA), PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) dan Bank Sumsel Babel (BSB).

“Saya optimis itu bisa dilaksanakan,” kata Alpian dalam Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) IMI Sumsel di Hotel Swarna Dwipa, Minggu (29/5/2022).

Rakerprov, kata dia, bertujuan membahas program yang bisa dilakukan di tahun 2022. Apalagi pandemi Covid-19 sudah menurun sehingga dimungkinkan dilakukan kegiatan.

“Kita lakukan Rakerprov ini untuk membuat program di antaranya kejuaraan daerah (Kejurda) Drag Bike, Off Road, Road Race dan Grass Track. Minimal 3 seri dilaksanakan di daerah, dan finalnya dilaksanakan di Palembang,” ujarnya.

Ketika ditanya potensi pebalap di Sumsel, Alpian mengatakan,  pihaknya akan melakukan pencarian bakat dengan menggelar Kejurda Piala Gubernur. Ini akan menjaring pebalap potensial di Sumsel.

“Sumsel memiliki sejarah bagus di bidang otomotif.  Kita pernah  punya pebalap hebat. Itu akan kita munculkan lagi,” katanya.

Untuk pembentukan IMI di kabupaten dan kota,  Alpian mengungkapkan, itu bisa dilakukan dengan syarat harus ada 2 klub aktif di daerah tersebut.

“Itu sangat memungkinkan dibentuk di daerah. Kita tinggal menunggu petunjuk dari IMI Pusat,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel Ari Narsa mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mendukung penuh kegiatan IMI di Sumsel.

“Pada Juli 2022 Pemprov Sumsel akan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) tahun 2022,  yang diikuti seluruh provinsi se-Indonesia, dengan 12 ribu lebih peserta. IMI dapat mendukung Fornas,” katanya.

Lanjutnya, Pemprov Sumsel akan mendukung IMI Sumsel untuk lebih maju dan berkembang.

Untuk  pembangunan sirkuit Motocross di Jakabaring ini masih tahap Memorandum of Understanding (MoU).

“Semoga semua bisa berjalan dengan lancar,” harapnya. (zal)

Share.

About Author

Redaksi Situs Berita AkselNews.com.

Leave A Reply