Selasa, Maret 5

Senator Fachrul Razi Perjuangkan Pemekaran Kecamatan Sawang Aceh Utara

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Aceh Utara, AkselNews.com – Ketua Komite I DPD RI, H Fachrul Razi, MIP, menerima usulan dan mendukung pemekaran Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara. Fachrul menyebut, dirinya siap memperjuangkan usulan pemekaran Kecamatan Sawang, wilayah utara ke Kementerian Dalam Negeri.

Hal ini terungkap dalam pertemuan geuchik dan tokoh masyarakat se Kecamatan Sawang di Desa Babah Buloh,  (18/9/22).

Hadir dalam pertemuan tersebut Penjabat Bupati Aceh Utara, Azwardi AP, MSi, Camat Sawang, Abdurrahman, para ulama seperti Ayah Bireuen, Abon Yusuf Paloh Kaye Kunyet serta Abaya Babah Buloh, Tgk Zarnuji.

Baca Juga:   Senator Amaliah Sobli Nahkodai Senam Tera Indonesia Sumsel

Kegiatan pertemuan dan diskusi empat pilar tersebut diawali dengan prosesi adat Peusijuek Fachrul Razi dan Azwardi oleh Ayah Bireuen.

Ketua Pemekaran Kecamatan Lamkuta, Abdurrahman, BA dalam sambutannya mengatakan, upaya pemekaran Kecamatan Sawang sudah digagas sejak 17 tahun lalu.

“Pemekaran di wilayah utara Kecamatan Sawang ini, sudah diupayakan sejak tahun 2005. Namun sampai hari ini tidak terealisasi,” ujar Abdurrahman.

Baca Juga:   Kabar Gembira Bagi Pekerja dan Buruh, JHT Lebih Gampang Cair

Kecamatan Sawang dengan 39 desa dianggap layak untuk dimekarkan, mengingat wilayahnya secara geografis sangat luas.

Tim pemekaran berharap kepada Senator Aceh Fachrul Razi, dengan kapasitas jabatannya mampu memperjuangkan pemekaran ini.

“Persoalan ini kami titip kepada pak Fachrul Razi untuk diteruskan ke pemerintah pusat. Harapan masyarakat 19 desa yang akan dimekarkan berharap cepat terealisasi,” ujar Abdurrahman.

Baca Juga:   Dua Mobil Jenazah Disalurkan  BPKH dan Laznas PPPA Daarul Qur'an

Menanggapi permintaan masyarakat tersebut, Fachrul Razi mengaku, siap memperjuangkan aspirasi masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, hari ini dapat berita bagus, bahwa kran pemekaran kecamatan dibuka oleh Kemendagri pada Bulan Oktober 2022, dan Kecamatatan Lamkuta menjadi kecamatan pertama dari Aceh yang kita usulkan untuk pemekaran,” ujarnya. (Ahmad Mirzda)

Share.

About Author

Redaksi Situs Berita AkselNews.com.

Leave A Reply