Jumat, Agustus 19

Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura OKI, Gelar Panen Raya Bersama Ratusan Petani

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kayuagung, AkselNews.com – Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (03/08/2022), menggelar kegiatan panen raya bersama ratusan petani di Desa Tugu Agung Kecamatan Lempuing.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati (Wabup) OKI, HM Djakfar Shoddiq, Kepala Cabang Bank SumselBabel Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Cabang Bank SumselBabel Kayuagung, perwakilan PT Corin Alsista Maxxie, kelompok tani dan beberapa OPD lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ir Syahrul MSi mengatakan, tema panen raya kali ini yakni menuju OKI swasembada pangan melalui panen IP 200 di Desa Tugu Agung.

 

Dia menjelaskan luas lahan pertanian di Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya seluas 30 ribu hektar hampir semuanya sudah melaksanakan panen IP 200, bahkan ada yang sudah melaksanakan panen IP 300.

“Dengan meningkatkan IP 200 diperlukan benih padi yang sangat optimal guna menunjang terlaksananya IP 200 di Kabupaten OKI, khususnya di Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya. Oleh sebab itu, diperlukan support (dukungan,red) dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel, Kementerian Pertanian dalam rangka menunjang terlaksananya IP 200 tersebut. Sehingga Kabupaten OKI, bisa surplus dan swasembada pangan,” terang Syahrul.

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel yang diwakili Kabid Tanaman Pangan, Tuti Murti SP, MSi dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten OKI, yang telah melaksanakan kegiatan panen raya IP 200. Dan Kabupaten OKI, sebagai salah satu kabupaten penunjang swasembada pangan di Sumsel.

“Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel akan memberikan support dan bantuan benih padi sebanyak 5.500 hektar benih label baru dan 5000 hektar benih padi lahibrida. Dengan bantuan tersebut, berharap OKI tahun 2022 ini dapat meningkatkan produktivitas dan terjadinya peningkatan Indeks Pertanaman,” harapnya.

Wakil Bupati OKI, HM Djakfar Shoddiq dalam kegiatan panen raya ini mengatakan mengapresiasi kelompok tani, para penyuluh serta semua pihak yang mendukung pengembangan food estate di OKI.

Dikatakannya, sektor pertanian tetap menjadi primadona dan aset yang harus dipertahankan sekaligus ditingkatkan untuk mencegah terjadi kemungkinan krisis pangan ke depan.

“Oleh sebab itu, tetap optimis dan semoga dengan keseriusan para petani di OKI produksitas semakin meningkat, masyarakat jadi lebih sejatera,”tukasnya. (Syakban)

Share.

About Author

Redaksi Situs Berita AkselNews.com.

Leave A Reply