Selasa, Maret 5

Resmi di Launching di Palembang, CSIRT Siap Hadapi ‘Perang’ Siber

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Palembang, Akselnews.com – Guna mengatasi serangan cyber dan malware insiden yang terjadi di dunia cyber, dibentuklah Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Palembang menjadi yang pertama di Sumatera Selatan menerapkan CSIRT, setelah sebelumnya 5 kota di Jawa telah lebih dulu di launching.

Dijelaskan Direktur Kemanan Siber dan Sandi Pemerintah BSSN Republik Indonesia, Hasto Prastowo, dari data yang masuk, serangan cyber ini terus meningkat setiap tahun. Bahkan tercatata tahun ini ada sebanyak 800 juta serangan cyber yang melanda di Indonesia menyerang pemerintahan.

Baca Juga:   PAD Transportasi Sungai Musi Palembang Bisa Dioptimalkan, Tapi…

“Untuk menghadapi serangan cyber inilah, negara hadir melalui pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara,” katanya, usai launching CSIRT, Kamis (21/10/2021).

“Saat ini BSSN tengah membangun kekuatan siber, salah satunya dengan membentuk Computer Security Incident Response Team (CSIRT) sebagai salah satu pelaksana keamanan siber di Indonesia. CSIRT merupakan organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau, dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber,” katanya.

Baca Juga:   Musi Banyuasin Masuk Nominator Anugerah Media Humas 2022, Satu-satunya Wakil Sumsel

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Palembang, Edison  mengatakan dengan di launchinganya Palembang CSIRT ini, dapat meningkatkan lagi sistem keamanan cyber.

Pihaknya mengetahui ketahui ancaman cyber ini sangat besar dan luar biasa apalagi di jaman teknologi digital. Tapi kita harap ini bukan hanya dukungan dari pemerintah saja tapi juga dukungan dari masyarakat.

Baca Juga:   Pacu Mobil Offroad, Pj Bupati Apriyadi Libas Jalan Berlumpur, Bagikan Sembako dan Buatkan Warga Sumur Bor

“Kasus serangan Cyber di Palembang cukup tinggi, kita perlu lagi meningkatkan sistem,” katanya.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, CSIRT di Palembang pertama di Sumatera setelah Jawa. Sistetm ini akan terintegrasi saat ada insiden akan saling memberikan informasi.

“Isu Siber ini sudah sangat global, maka perlu kerjasama dengan BSSN, juga provinsi,” katanya. (yud)

Share.

About Author

Redaksi Situs Berita AkselNews.com.

Leave A Reply